Disaster Recovery Center (DRC) Bagian 1

Sesuatu dalam hidup ini adalah tidak terencana, bencana alam seperti gempa bumi, kebakaran, banjir, badai bisa terjadi kapanpun dimanapun tanpa ada pemberitahuan, begitu juga dengan hal-hal seperti kerusakan dan kerusuhan terjadi begitu cepat menyebabkan bisnis suatu organisasi atau perusahaan tidak memiliki waktu untuk mencegahnya, kondisi downtime ini yang akan menyebabkan kerugian secara materil.

Berfikir dan bersikap untuk menggurangi rasa ketidaknyamanan di customer anda, sekarang bagaimana caranya untuk memperkecil pengaruh dan mengurangi kehilangan ?, tentu saja, regular backup data saja tidak cukup yang biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan.

Bisnis organisasi/perusahaan, khususnya yang bergerak secara continu dan berjalan terus-menerus seharusnya memiliki Disaster recovery Plan (DRP), yang menjelaskan hal apa saja yang dilakukan akibat dari bencana, kemana operasional akan dipindah ?, siapa yang bertanggung jawab untuk pemulihan operasional ini ?.

Membuat penambahaan DataCenter, di lokasi yang aman dan terpisah digunakan hanya jika terjadi bencana, akan mengurangi efektifitas biaya dari masalah, dan akan menjadi kekuatan untuk menduplikat biaya di lokasi, sumberdaya, link komunikasi dan lainnya.

* akan menghandle semua tugas yang berhubungan dalam mengatur profesional DRC, sehingga bisnis anda dapat terus berjalan. DRC yang kita tawarkan akan mempunyai fitur keamanan, dalam menjaga data center seperti mempunyai asuransi untuk bisnis continuity anda.

Mengingat betapa penting sekali bisnis continuity dalam sebuat organisasi / perusahaan, ada 3 pilihan type DRC yang sesuai dengan kondisi budget perusahaan, yaitu :

Cold DRC : cold drc ini menyediakan sistem yang sama seperti dilokasi data center di perusahaan anda dimana aplikasi dan data akan diupload sebelum fasilitas drc bisa digunakan,namun proses pemindahan dari data center ke lokasi DRC akan dilakukan secara manual.

Warm DRC : warm drc ini akan menyediakan komputer dengan segala komponennya, aplikasi, link komunikasi, dan backup data yang paling update, dimana system tidak otomatis berpindah tetapi masih terdapat proses manual meskupun dilakukan seminimal mungkin.

Hot DRC : hot DRC ini mengatur secepat mungkin opersional bisnis , system dengan aplikasi, link komunikasi yang sama sudah di pasang dan sudah tersedia di lokasi DRC, data secara continu dibackup menggunakan koneksi live antara data center dan lokasi DRC, dan operasional bisnis akan berjalan pada saat itu juga, tanpa harus mematikan sistem di data center lama.

Regards

Adi Maulana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s