Migrasi ISP

Rencana migrasi dari isp C ke isp B akhirnya di lakukan juga pada hari jumat tanggal 16 maret 2007 dimulai jam 10-an, dan berlangsung selama 3 jam termasuk masa monitoring ditempat.

Rencana migrasi isp ini bukanlah tanpa persiapan, sudah sekitar 1 bulan masa trial jalur internet isp B digunakan oleh customer B. sebelum akhirnya dilakukan migrasi ini, ada beberapa tahap yang harus dilakukan.

1. Tahap Assessment
Saya menganggap tahap awal ini adalah tahap assessment karena pada tahap ini yang dilakukan adalah :
1.1 Pemasangan jalur fiber optik oleh team isp B, dan memberikan masa trial selama 30 hari, yang pada akhirnya nanti akan digunakan untuk mengganti jalur frame relay.

1.2. Pencarian masalah dalam jaringan local area network, pencarian ini dirasa perlu karena berdasarkan analisis penggunaan internet pada saat menggunakan ISP C, koneksi internet dirasa sangat lambat, sampai akhirnya dibuat installasi SARG, yang pernah dibahas pada posting sebelumnya, dan berdasarkan hasil trafik menggunakan cacti, bahwa jalur smtp digunakan oleh oleh public, hal ini menyebabkan jalur internet hampir 60% digunakan oleh pihak luar, hal tersebut yang menyebabkan koneksi internet begitu lambat pada saat digunakan oleh user customers B, tentu saja kondisi diatas bukan satu-satunya penyebab, banyaknya user yang akses ke website-website yang berbau porn dan sex, juga menjadi urutan 10 besar dalam kategori link website yang sering diakses.

2. Tahap Persiapan
Tahap ini adalah tahap yang boleh dibilang tahap yang sangat panjang, mengapa ?…karena dalam tahap ini banyak melibatkan pihak-pihak terkait termasuk direktur utama IT.
adapun pihak-pihak terkait itu adalah : Depkominfo, ISP C, ISP B, Direktur utama IT customer B.
Adapun tugas-tugas pihak terkait tersebut adalah :
ISP C : yang akan memutuskan jalur koneksi internet yang menggunakan Frame-Relay

ISP B : yang menyediakan jalur koneksi internet menggunakan Fiber-Optik

Depkominfo : yang bertugas dalam memberikan username dan password dan akses mode priviledge dalam rangka merubah ip address domain yang menunjuk ke ip address lama ISP C untuk diubah ke ip address baru di ISP B.

Direktur IT customer B : bertugas memberikan tanda tangan dari surat kuasa dan surat pernyataan yang diminta oleh Depkominfo.

3. Tahap Migrasi
Dalam tahap migrasi ini, tahap-tahap yang dilakukan adalah:
3.1. Mengganti jalur isp dari ISP C ke ISP B yang terhubung melalui modem dengan kabel V35.
3.2. Mengganti Router Cisco 1600 yang sebelumnya digunakan untuk trial ISP B menjadi Router cisco 3600 yang sebelumnya digunakan oleh ISP C.
3.3. Mengganti konfigurasi di Router Cisco 3600 dan PIX Firewall sesuai dengan ip address ISP B.
3.4. Mengganti konfigurasi ip address dalam DNS local
3.5. Mengganti ip address dari domain customer B dari ISP C yang lama, menjadi ip address dari ISP B yang baru. di https://register.net.id.
3.6. Melakukan test DNS di http://www.dnsreport.com dengan hasil

Category StatusTest NameInformation Parent PASSMissing Direct Parent checkOK. Your direct parent zone exists, which is good. Some domains (usually third or fourth level domains, such as example.co.us) do not have a direct parent zone (‘co.us’ in this example), which is legal but can cause confusion. INFONS records at parent serversYour NS records at the parent servers are:

domain customer B. [X.X.X.X] [TTL=13300] [ID]
dns1 ISP B [X.X.X.X (NO GLUE)] [ID]
dns2 ISP B [X.X.X.X (NO GLUE)] [ID]

Maksud dari test dns diatas adalah bahwa pada saat melakukan pergantian ip address ini, ip address baru sudah dikenal dan ip address lama sudah tidak digunakan, namun perlu diketahui bahwa Kondisi diatas masih intermitten, artinya kadang ip address customer B sudah dikenal dan tidak, atau malah kembali ke ip address lama ISP C. Kondisi ini dirasa normal, berhubung ada masa jeda, sesuai kondisi link, paling lama satu hari atau 24 jam

4. Tahap Monitoring
Merupakan tahap untuk memantau setelah proses migrasi berlangsung, tahap ini adalah tahap untuk memastikan semua server baik mail server, domain atau fungsi server-server lain dapat bekerja sebagaimana mestinya, dan dapat diakses baik dari inside maupun outside dengan baik dan benar.

Dalam tahap monitoring ini, yang dilakukan adalah :
4.1. Mengacu kepada http://www.dnsreport.com, ip address domain customer B harus sudah berubah dari ip address ISP C menjadi ip address ISP B.
4.2. Memastikan domain http://www.%5Bdomain customer B] dapat diakses dari outside.
4.3. Mengacu kepada http://www.dnsreport.com, ip address mail customer B harus sudah berubah dari ip address ISP C menjadi ip address ISP B.
4.4. Memastikan mail customer B dapat diakses dari outside.
4.5. Melaporkan dan mendaftarkan domain customer B sebagai secondary di isp B, jika ip address dns primary customer B down.

Tahap monitoring adalah tahap akhir dari Project ini, dengan selesainya tahap ini, serah terima sudah bisa dilakukan, tidak lupa saya ucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang membantu selama proses migrasi isp ini, yaitu team dari Customer B, ISP B, dan Depkominfo, serta perhargaan sebesar-besarnya kepada ISP C yang telah banyak membantu selama menggunakan jalur frame relay.

Wassalam
Adi Maulana

12 responses to “Migrasi ISP

  1. Maaf saya mau tanya, apabila saya mau mengalihkan halaman web situs ke IP static ISP (speedy) kok yang tampil adalah web configurasi modem ADSL bukan web yg telah saya buat pd salah satu server (intranet), bagaimana agar halaman web yang telah saya buat secara intranet bisa di akses dari internet dengan memanfaat kan IP dari Speedy

  2. Mas Kurniawan.

    CMIIW, speedy menggunakan ip public secara dinamis untuk clientnya, sehingga jika ip address ini jika dijadikan website akan selalu berubah-ubah. sehingga menyebabkan website tdk bisa diakses. mengenai dari ip speedy bisa dijadikan ip website, saya cari info terlebih dahulu.

    terima kasih
    adi maulana

  3. Assalamualaikum Pak Adi..
    Saya ingin bertanya tentang CACTI…
    Bagaimana Pak cara installnya,softwarenya udah ada blom pak di linux?protokol2 yg mendukungnya..bgmana ni pak cara konfigurasinya?bner gk pak pke web..

  4. Dear Rama.

    Cacti sangat suppot sekali di linux, bnk artikel yang membahas mengenai instalasi cacti salah-satunya adalah berikut ini http://invaleed.wordpress.com/2007/01/17/howto-install-cacti-di-centos-44/

    tampilan yang dihasilkan adalah dalam bentuk webbase.

    semoga bermanfaat
    Adi Maulana

  5. Dear Pak adi,

    Pak, saya mau tanya nih. Bila saya sudah mempunyai IP public dari speedy unlimited. Bagaimana saya bisa mendaftarkan ip public itu menjadi domain name. Saya sedang ingin mengimplementasikan sistem online untuk kampus saya. Cuma sepertinya mengakses website dengan ip rasanya sulit diingat. Mohon bantuannya pak.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.🙂

  6. Pak Edwin,

    Maafkan keterlambatan saya dalam membalas pertanyaan bapak.

    Berdasarkan informasi, kalau speedy itu menggunakan ip dinamic artinya ip public yang selalu berubah, mengenai kapan itu berubahnya, parameternya hanya dari telkom yang tau, mungkin saja karena ada perubahan mac address, atau modem, dlsb.

    Tapi walaupun sifatnya dinamic untuk ip public speedy ini, hal tersebut bukan jadi kendala untuk tidak mentranslate ip menjadi nama, karena DynDNS mampu menghandle, dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

    PenggunaanDyn DNS cukup ideal bagi home website, kampus website atau file server, dan hambatan mengenai perubahan ip yang dilakukan oleh telkom tidak menjadi masalah.

    Untuk lebih jelas dan registrasi gratis, bisa di akses di http://www.dyndns.com

    Semoga Bermanfaat
    Adi Maulana

  7. Dear Pak Adi Maulana,

    To the Point aja ya pak :
    1. Apa saja yang mempengaruhi koneksi internet ?
    2. Seperti apa jalur internet mulai dari user – isp dan ke backbone internet ?
    3. Bagaimana caranya agar saya punya webserver tidak lambat diakses dari luar kantor ?
    4. Bagaimana cara paling gampang untuk mengetahui kecepatan yang kita dapatkan selain dengan cara ukur banwith lewat situs 2x yg ada dan juga coba download file di internet ?
    5. Kita langganan koneksi 128 kbps tetapi kenyataannya jarang kita mendapatkan banwith sebesar itu, apa yang menyebabkan hal ini ( dalam kondisi tidak di share ?

    Itu dulu pak. terimakasih atas waktunya.

    Stephan

  8. Ooo.. gitu ya. mkc

  9. tolong donk kasih tau tahapan pemasangan kabel Fiber Optik……………….
    sapa yg tau tlg donk kasih tauu,,,,,, ak butuh ni untuk laporan magang…….
    OK plend

  10. tolong kirim ke imail ya!!!!!!!!
    bukankah menolong seseorang yang membutuhkan itu mendapatkan pahala????????
    skrng bantu aku lahh orang yg sedang butuh bantuan

  11. maaf, saya telah mendaftarkan ip public speedy menjadi nama website dengan dyndns, untuk pertama kali website bisa diakses tapi untuk selanjutnya website jadi tidak bisa diakses (tepi dengan perintah ping di reply).. terima kasih.

  12. maaf pak,. saya jg mw bertnya,. saya punya web server yang sudah bisa dibaca dengan menggunakan ip public punya speedy (ipstatic). dan gmna cara saya agar bisa merubah yg tadi’a harus menggunakan ip skarang bisa dengan menggunakan domain,. tp domain’a bukan sub domain sperti “dyndns”, dlinkddns dll. terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s